Minggu, 23 Mei 2010

Teknologi AMOLED




Beberapa produk elektronik layar datar tengah gencar meluncurkan produk baru menggunakan teknologi AMOLED. Sebenarnya apakah dan bagaimanakah AMOLED itu hingga dianggap bakal segera menggantikan teknologi TFT LCD, yang selama ini telah disematkan pada banyak perangkat?
AMOLED adalah singkatan dari Active-Matrix Organic Light-Emitting Diode, dimana merupakan teknologi layar yang belum lama ini diluncurkan pada perangkat bergerak seperti ponsel.
Teknologi layar AMOLED ekstra tipis dan tidak membutuhkan cahaya latar, yang mengacu pada teknologi yang mampu mengatur besaran piksel dengan konsumsi daya lebih rendah meski berukuran besar sekalipun.





Penjelasan Teknis
Layar AMOLED memiliki beberapa lapisan yang terpisah untuk mengendalikan tampilan yaitu lapisan kutub positif (Anode layer), lapisan organic tengah (middle organic layer), lapisan kutub negative (cathode layer) dan lapisan bawah yang berisi untaian (circuitry).
Layar AMOLED juga terdiri dari piksel-piksel OLED yang ditempatkan atau diintegrasikan ke transistor film yang kecil (Thin Film Transistor/TFT) untuk membentuk matrik piksel yang menyinari cahaya saat aktivasi elektrik, yang mana berfungsi sebagai pengontrol setiap piksel yang ditampilkan. Susunan TFT secara terus menerus mengontrol aliran piksel-piksel yang ditampilkan, memberi sinyal ke tiap piksel seberapa cerah harus memendar. 
Umumnya aliran piksel ini dikontrol dengan minimal dua TFT di tiap pikselnya, satu untuk memulai dan menghentikan pengisian pada kapasitor dan satunya lagi untuk mensuplay sumber tegangan pada level yang dibutuhkan untuk menghasilkan aliran yang konstan pada tiap pikselnya serta mengeliminasi kebutuhan akan aliran matrik passive OLED yang sangat tinggi.
Jika dibandingkan dengan layar TFT-LCD tradisional, AMOLED mengkonsumsi daya lebih sedikit dan memberikan rasio kontras 10,000 : 1, menghasilkan tingkat kehitaman yang lebih gelap, warna-warna yang lebih cerah, dan tampilan yang lebih menyala yang dapat dilihat diluar ruang, dan bahkan dibawah sinar matahari langsung. Lebih lagi, tidak seperti TFT-LCD, layar teknologi AMOLED memiliki kemampuan untuk menampilkan gambar yang dapat direview pada setiap sudutnya, dengan tetap menghasilkan warna yang tetap cerah.

0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Pojok Informasi Elektronik Copyright © 2010 yorachinfo Designed by admin of yorachinfo