Rabu, 17 Februari 2010

10 Fakta Berdiam Di Luar Angkasa

1. Dalam sehari anda akan mengalami 16 kali 'Sunrise'
Spoiler for sunrise:


Matahari terbit dan tenggelam setiap 90 menit di orbit rendah bumi membuat seseorang akan sangat sulit untuk tidur jika dibandingkan dengan waktu normal.


2. Anda akan tumbuh lebih tinggi
Spoiler for taller:


Tanpa adanya tekanan gaya gravitasi seperti di bumi tulang belakang anda akan memanjang membuat anda akan lebih tinggi sekitar 5-8cm. Sayangnya penambahan tinggi ini biasanya diikuti oleh sakit di bagian punggung dan saraf belakang.


3. Anda akan berhenti mendengkur
Spoiler for snoring:


Di tahun 2001 penelitian menunjukkan seorang astronot yang biasanya tidur mendengkur di bumi, berhenti mendengkur ketika tidur di luar angkasa


4. Beberapa makanan butuh air untuk dapat dimakan
Spoiler for water:


Garam dan merica tersedia juga di luar angkasa tapi dalam bentuk cair. Jika menggunakan garam dan merica yang normal seperti di bumi maka garam dan merica itu akan melayang dan tidak bisa dicampur dengan makanan.



5. Waktu terlama seseorang tinggal di luar angkasa adalah 438 hari.
Spoiler for waktu:


Rekor misi terlama di luar angkasa dipegang oleh astronot russia bernama Valeri Polyakov yang menyelesaikan misi selama 438 hari di luar angkasa.


6. Hanya 3 orang yang pernah meninggal di luar angkasa
Spoiler for died:


Dari 439 astronot yang pernah berangkat ke luar angkasa hingga tahun 2004, 11 orang meninggal dalam kecelakaan ketika latihan dan 18 meninggal dalam kecelakaan penerbangan. Dari 18 orang itu hanya kru Soyuz 11 di tahun 1971 lah yang benar - benar meninggal di luar angkasa. Ketiga orang itu adalah Georgi Dobrovolski, Viktor Patsayev, dan Vladislav Volkov.



7. Hampir semua astronot mengalami 'mabok angkasa'
Spoiler for mabok:


Gravitasi luar angkasa yang hampa membuat astronot seolah merasa tubuhnya naik turun sehingga menyebabkan mereka mabok angkasa.



8. Hal tersulit untuk disesuaikan ketika kembali dari luar angkasa adalah ketika anda melepaskan barang, barang itu jatuh
Spoiler for jatuh:


Menurut fakta, astronot kerap kali sulit untuk menyesuaikan kembali kondisi di bumi untuk tidak melepaskan barang - barang begitu saja seperti yang mereka lakukan di luar angkasa yang mana jika mereka lakukan di luar angkasa, barang itu akan melayang sedangkan jika dilakukan di bumi, barang itu pecah..


9. Radiasi cosmic membuat anda melihat cahaya yang menyilaukan
Spoiler for flash:


Sering kali astronot melihat cahaya menyilaukan yang datang dari kejauhan. Kenyataannya cahaya itu tidak ada, ini disebabkan oleh "Subatomic bullets". Ketika sebuah bullet mengarah ke retina kita, maka mata akan mengirim sinyal palsu ke otak yang mana akan direspon seolah - olah mata melihat cahaya menyilaukan. Banyak dari astronot yang mengalami hal ini mendapat penyakit katarak ketika sudah kembali ke bumi.


10. Ketika berada di luar angkasa, anda mungkin hanya membasuh diri untuk membersihkan diri.
Spoiler for air:


walaupun beberapa pesawat luar angkasa sudah dilengkapi dengan shower, astronot harus membersihkan diri seadanya dengan membasuh diri saja dengan lap basah. ini bertujuan untuk menghemat air.
sumber : http://haxims.blogspot.com/2010/02/10-fakta-yang-tidak-anda-ketahui.html#ixzz0fZuoJjlW

2 comments:

Anonim mengatakan...

menyenangkan :D

yorachinara on 23 Februari 2010 pukul 18.03 mengatakan...

mau mencoba ?
sekarang ada hotel lunar, mungkin bisa coba check in, hahahah

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Pojok Informasi Elektronik Copyright © 2010 yorachinfo Designed by admin of yorachinfo