Rabu, 15 Desember 2010

rencana Pemerintah Kota Jakarta Selatan membuat jalur sepeda

rencana Pemerintah Kota Jakarta Selatan membuat jalur sepeda akan diwujudkan mulai dari lingkungan RT/RW di beberapa wilayah Jakarta Selatan.

Wali Kota Jakarta Selatan Syahrul Effendi mengatakan, rencana pembuatan jalur sepeda tersebut pastinya akan tetap dilakukan di Jakarta Selatan.
Untuk mengawalinya, pihaknya sudah mempersiapkan pembangunan jalur sepeda di lingkungan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

"Kita akan buat rancangan untuk lingkungan RT/RW terlebih dahulu, itu untuk membuat masyarakat tertarik untuk menggunakan sepeda dalam kegiatan sehari-hari," ujarnya, Selasa 9 Maret 2010.

Rencana tersebut sudah masuk dalam rancangan pembangunan wilayah Jakarta Selatan untuk tahun 2010-2030.


Syahrul menjelaskan, rencana pembangunan ini sengaja dilakukan di lingkungan perkampungan untuk lebih mendekatkan masyarakat dengan pola hidup sehat dengan bersepeda.

"Saya harapkan ini bisa meningkatkan komunitas bersepeda di lingkungan Jakarta Selatan, sehingga pembuatan jalur sepeda bisa dipercepat," tegasnya.

Sementara, terkait dengan rencana pembuatan jalur sepeda di jalan-jalan protokol sampai saat ini masih dalam pengkajian. Pengkajian tersebut dilakukan dengan melibatkan pihak-pihak terkait mulai dari Dinas Perhubungan, Dinas Pertamanan dan beberapa ahli lainnya.

Direktur Lalulintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Condro Kirono mengatakan, jalur sepeda yang paling aman memang dibuat di pedestarian. Menurutnya, penggunaan trotoar untuk pengguna sepeda bisa di gabung dengan pejalan kaki.

"Selain itu, penggunaan pedestarian juga bisa mengurangi penyalahgunaannya," ucapnya.

Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Riza Hasyim mengatakan, pembuatan jalur sepeda memang paling pantas dilakukan di wilayah Jakarta Selatan. Karena, di wilayah tersebut masih banyak lahan yang cukup untuk pembangunan.

"Pedestarian juga cocok, bahkan di beberapa negara juga menggunakan pedestarian untuk jalur sepeda," ujarnya. Intinya, bila memang pembangunan jalur ini sudah dilakukan maka jangan sampai menjadi sia-sia.

Sebelumnya, Pemprov DKI belum memasukan rencana pembangunan jalur dalam anggaran tahun ini. Karena, rencana tersebut masih dalam tahap kajian.



http://metro.vivanews.com/news/read/134964-jalur_sepeda_masuk_lingkungan_warga

0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Pojok Informasi Elektronik Copyright © 2010 yorachinfo Designed by admin of yorachinfo