Selasa, 14 Desember 2010

Cihuy Cirebon Blogger Competition 2010

Cihuy Cirebon Blogger Competition 2010 telah dibuka kembali. CBC merupakan lomba yang sedang marak digandrungi oleh para kaum Blogger Ciayumajakuning yang diselengarakan oleh Telkom Speedy Cirebon. Lomba Cirebon Blogger Competition merupakan ajang kompetisi blog untuk umum dan murid (Siswa/pelajar) yang berdomisili di wilayah Cirebon, Kuningan, Indramayu dan Subang (Ciayumajakuning).


Dalam Cirebon Blogger Competition ini kita semua dituntut untuk berkarya dan berkreasi dalam membuat blog dan menulis sebuah tulisan tentang tema yang sudah ditentukan. Disini terdapat 3 tema dimana kita harus memilih salah satu tema. Ketiga tema tersebut diantaranya adalah

1. Sepeda dan Lingkungan, 
2. Pemuda dan Teknologi, 
3. Telekomunikasi dan internet.


Dari ketiga tema tersebut saya mengambil tema "Sepeda dan Lingkungan"
kenapa ? karena sepertinya lebih mudah .
ahahahha ...
sepeda dan lingkungan

Nenek moyang sepeda diperkirakan berasal dari Prancis. Menurut kabar sejarah, negeri itu sudah sejak awal abad ke-18 mengenal alat transportasi roda dua yang dinamai velocipede. Bertahun-tahun, velocipede menjadi satu-satunya istilah yang merujuk hasil rancang bangun kendaraan dua roda.

Ada seorang Jerman bernama Baron Karls Drais von Sauerbronn yang pantas dicatat sebagai salah seorang penyempurna velocipede. Tahun 1818, von Sauerbronn membuat alat transportasi roda dua untuk menunjang efisiensi kerjanya. Sebagai kepala pengawas hutan Baden, ia memang butuh sarana transportasi bermobilitas tinggi. Tapi, model yang dikembangkan tampaknya masih mendua, antara sepeda dan kereta kuda. Sehingga masyarakat menjuluki ciptaan sang Baron sebagai dandy horse.

Baru pada 1839, Kirkpatrick MacMillan, pandai besi kelahiran Skotlandia, membuatkan "mesin" khusus untuk sepeda. Tentu bukan mesin seperti yang dimiliki sepeda motor, tapi lebih mirip pendorong yang diaktifkan engkol, lewat gerakan turun-naik kaki mengayuh pedal. MacMillan pun sudah "berani" menghubungkan engkol tadi dengan tongkat kemudi (setang sederhana).

Sedangkan upaya penyempurnaan penemu Prancis, Ernest Michaux pada 1855, dengan membuat pemberat engkol, hingga laju sepeda lebih stabil. Makin sempurna setelah orang Prancis lainnya, Pierre Lallement (1865) memperkuat roda dengan menambahkan lingkaran besi di sekelilingnya (sekarang dikenal sebagai pelek atau velg). Lallement juga yang memperkenalkan sepeda dengan roda depan lebih besar daripada roda belakang.

Namun kemajuan paling signifikan terjadi saat teknologi pembuatan baja berlubang ditemukan, menyusul kian bagusnya teknik penyambungan besi, serta penemuan karet sebagai bahan baku ban. Namun, faktor safety dan kenyamanan tetap belum terpecahkan. Karena teknologi suspensi (per dan sebagainya) belum ditemukan, goyangan dan guncangan sering membuat penunggangnya sakit pinggang. Setengah bercanda, masyarakat menjuluki sepeda Lallement sebagai boneshaker (penggoyang tulang).

Sehingga tidak heran jika di era 1880-an, sepeda tiga roda yang dianggap lebih aman buat wanita dan laki-laki yang kakinya terlalu pendek untuk mengayuh sepeda konvensional menjadi begitu populer. Trend sepeda roda dua kembali mendunia setelah berdirinya pabrik sepeda pertama di Coventry, Inggris pada 1885. Pabrik yang didirikan James Starley ini makin menemukan momentum setelah tahun 1888 John Dunlop menemukan teknologi ban angin. Laju sepeda pun tak lagi berguncang.

Penemuan lainnya, seperti rem, perbandingan gigi yang bisa diganti-ganti, rantai, setang yang bisa digerakkan, dan masih banyak lagi makin menambah daya tarik sepeda. Sejak itu, berjuta-juta orang mulai menjadikan sepeda sebagai alat transportasi, dengan Amerika dan Eropa sebagai pionirnya. Meski lambat laun, perannya mulai disingkirkan mobil dan sepeda motor, sepeda tetap punya pemerhati. Bahkan penggemarnya dikenal sangat fanatik.

oh iya, ini beberapa jenis sepeda :
1. Sepeda gunung-digunakan untuk lintasan off-road dengan rangka yang kuat, memiliki suspensi, dan kombinasi kecepatan sampai 27.

2. Sepeda jalan raya-digunakan untuk balap jalan raya, bobot keseluruhan yang ringan, ban halus untuk mengurangi gesekan dengan jalan, kombinasi kecepatan sampai 27

3. Sepeda BMX-BMX merupakan kependekan dari bicycle moto-cross, banyak digunakan untuk atraksi

4. Sepeda mini-termasuk dalam kelompok ini adalah sepeda anak-anak, baik beroda dua maupun beroda tiga

5. Sepeda angkut-termasuk dalam kelompok ini adalah sepeda kumbang, sepeda pos

6. Sepeda lipat-merupakan jenis sepeda yang bisa dilipat dalam hitungan detik sehingga bisa dibawa ke mana-mana dengan mudah

yang sering digunakan yang mana coba ?
yang ke3 \m/

apa hubungannya dengan linlantas lingkungan ?
simple, sepeda itu ramah lingkungan. Tidak berpolusi dan menyehatkan.
banyak orang menggunakan sepeda akan mengurangi penderitaan lingkungan.
banyak orang yang menggunakan sepeda akan menambah daftar orang sehat.
jadi sepeda memiliki hubungan dengan lingkungan yaitu sebagai penetralisir kerusakan lingkungan.
simple ...

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Pojok Informasi Elektronik Copyright © 2010 yorachinfo Designed by admin of yorachinfo