Sabtu, 22 Januari 2011

Film “Alangkah Lucunya Negeri Ini” Lolos Seleksi Awal Oscar


Di tengah polemik maraknya bintang-bintang porno luar negeri meramaikan industri film Tanah Air, kabar gembira yang patut dibanggakan datang dari film Alangkah Lucunya Negeri Ini.


Film garapan aktor yang juga sutradara Deddy Mizwar itu berhasil lolos dalam seleksi awal di kategori Film Berbahasa Asing Terbaik dalam ajang AcademyAwards 2011.

Alangkah Lucunya Negeri Ini merupakan film drama komedi satire tentang negeri bernama Indonesia. Deddy berusaha mengangkat kisah-kisah yang mewarnai kehidupan negerinya dengan apa adanya, mulai dari kisah tentang sarjana yang pengangguran, anak jalanan yang selalu jadi korban kegaharan anggota pamong praja, hingga koruptor yang sewenang-wenang.

Diperkuat sejumlah aktor beken, seperti Slamet Rahardjo, Jaja Mihardja, Tio Pakusadewo, dan Reza Rahadian, yang tahun lalu merebut Piala Citra.

Dengan masuknya film tersebut, Indonesia menjadi salah satu dari 65 negara yang ambil bagian. Alangkah Lucunya Negeri Ini akan bersaing dengan sejumlah film yang belakangan malang melintang ikut ambil bagian dalam sejumlah festival film di sejumlah negara, seperti film Biutiful (Meksiko) karya sutradara karya Alejandro Gonzalez Inarritu; Of Gods and Men (Perancis) karya Xavier Beauvois; Uncle Boonmee Can Recall His Past Lives (Thailand) karya Apichatpong Weerathesakul; In a Better World (Denmark) karya Susanne Bier; Incendies (Kanada) karya Denis Villeneuve; dan Oliver Schmitz lewat film Life, Above All (Afrika Selatan).

Tahun ini, negara-negara seperti Armenia, Australia, Bolivia, Maroko, Sri Lanka dan Inggris absen ambil bagian di ajang ini. Kabar terbaru justru datang dari Greenland dan Ethopia, yang untuk pertama kalinya ikut ambil bagian di ajang ini.

Greenland diwakili oleh film Nuummioq sedangkan Ethopia diwakili oleh The Athlete karya sutradara Davey Frankel dan Rasselas Lakew.

Tahun lalu, penghargaan di kategori ini diraih oleh The Secret In Their Eyes karya sutradara Juan Jose Campanella dari Argentina. Sementara tahun ini diwakili oleh Carancho arahan sutradara Pablo Trapero.

Dijadwalkan pengumuman nominasi untuk kategori ini akan dilakukan pada Selasa, 25 Januari 2011 mendatang.

0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Pojok Informasi Elektronik Copyright © 2010 yorachinfo Designed by admin of yorachinfo