Sabtu, 26 Juni 2010

BREAKING NEWS : Penjelasan Gempa di TASIKMALAYA

Gempa Mag:6.3 SR, 26-Jun-10 16:50:45 WIB,


Gempa juga terjadi di seluruh pulau jawa

Lok:8.37 LS,107.98 BT (118 km BaratDaya TASIKMALAYA-JABAR),

Kedlmn:34 Km terasa sampe Bogor , Jakarta dan Jogja


==============================================================



Metrotvnews.com, Bandung: Fenomena alam gerhana bulan parsial akan terjadi Sabtu (26/6) sekitar pukul 17.15 WIB hingga pukul 20.00 WIB. Gerhana akan jelas terlihat di Indonesia bagian barat. Titik maksimal 50 persen bulan tertutup bayangan bumi terjadi sekitar pukul 18.40 WIB.

Fenomena alam langka ini tak hanya juga membawa keindahan saat terjadi, namun juga bisa berpotensi bencana seperti gempa.

Menurut Evans, Kepala Staf Pengamatan Boscha, Bandung, Jawa Barat, gerhana terjadi ketika bumi posisi matahari bumi dan bulan berada dalam satu garis lurus. Ini menyebabkan gaya pasang surut atau gaya tarik berlawanan. Jika gaya pasang surut kuat maka bisa berpotensi gempa.

Ia menjelaskan gempa disebabkan karena lempengan yang ada di dalam perut bumi tertarik gaya tadi. Bisa juga gaya tarik ini akan tersimpan di dalam bumi saja. Gerhana berikutnya akan terjadi tumpukan, gaya tarik di dalam perut bumi. Jika sudah cukup kuat tumpukan ini, maka akan terjadi gempa yang sangat besar. Seperti contoh yang terjadi adalah tsunami di Aceh.(Asep Kurnia/BEY)



ternyata bener juga.. barusan ane ngerasain gempa bentar,,, posisi ane di bandung


http://www.metrotvnews.com/index.php...potensi-Gempa/

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Pojok Informasi Elektronik Copyright © 2010 yorachinfo Designed by admin of yorachinfo