Sabtu, 03 Juli 2010

UFO di Suramadu ?

Berawal dari adanya laporan berupa foto - foto yang di posting pada salah satu forum diskusi terbesar dan terkenal di Indonesia "KASKUS". Dua buah foto yang menjadi bahan pembicaraan memperlihatkan adanya objek terbang tak dikenal berbentuk " piring terbang "sedang melintas di kawasan Jembatan Nasional Suramadu.Foto tersebut diposting oleh seseorang yang menggunakan User ID: 559599.
Apakah benar UFO sedang melintas di daerah Suramadu ?
Sebelumnya saya akan memperkenalkan sedikit tentang kawasan Jembatan Nasional Suramadu yang bagi saya merupakan salah satu jembatan yang begitu amazing di Indonesia bagi saya karena  pemandangannya yang indah dimalam hari..
Jembatan Nasional Suramadu adalah jembatan yang melintasi Selat Madura, menghubungkan Pulau Jawa (di Surabaya) dan Pulau Madura (di Bangkalan, tepatnya timur Kamal), Indonesia. Dengan panjang 5.438 m, jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia saat ini. Jembatan terpanjang di Asia Tenggara ialah Bang Na Expressway di Thailand (54 km). Jembatan Suramadu terdiri dari tiga bagian yaitu jalan layang (causeway), jembatan penghubung (approach bridge), dan jembatan utama (main bridge).
 Jembatan Nasional Suramadu (Siang Hari)
Jembatan Nasional Suramadu (Malam Hari) " keren kan..."
Nah setelah berkenalan dengan jembatannya, sekarang mari sama-sama kita lihat foto yang mencadi topik pembicaraannya itu .
Foto 1
Tanggal pengambilan : 12/06/2010
jam : 22:41:12
mode : time priority
t : 5 detik
f : f/9
ISO 100
EOS 450d
lensa 55-250mm IS
(Klik Gambarnya untuk memperbesar)
Foto 2
 Tanggal pengambilan : 12/06/2010
jam : 22:40:59
mode : time priority
t : 5 detik
f : f/8
ISO 100
EOS 450d
lensa 55-250mm IS 
(Klik Gambarnya untuk memperbesar)




Dan ini adalah kutipan dari narasumber(UserID: 559599) pemilik foto tersebut :

halo gan...
ane cuma mau share aja nih gan
minggu lalu, tepatnya tanggal 12 Juni 2010 ane ke Suramadu gan...(sombong, baru pertama kali soalnya)
malem2 ceritanya...liat lampu jembatan yg warna-warni...jiwa potograpi ane ga ketahan...(padahal nubi)
berhentilah ane di ujung jembatan suramadu bagian Madura, cari posisi dan mulai menjepret...
Udah puas ane hunting di sono..balik lah ane gan....nah pas perjalanan pulang, sambil liat2 hasil jepretan, ane kaget gan...ada benda asing yg ikut kebawa di poto ane...
ane perhatiin mirip piringan....
kesimpulan sementara ane sih ngarahnya ke UFO gan
tapi barangkali dari agan2 ada yg bisa ngejelasin
langsung aja gan...dari beberapa jepret ane dapet 2 gambar yg ada UFO nya










Mungkin anda sulit untuk melihat objeknya maka saya telah menandainya  .





Foto 1








Foto2






Sekilas anda akan langsung berkata pada saya : "fotonya HOAX bro... Sotosop tuh....!!"







Jika  saya katakan pada anda semua bahwa menurut narasumber,  foto tersebut ASLI TANPA REKAYASA.. ? (bisa dilihat di thread forum tersebut, berkali-kali sang narasumber mencoba meyakinkan semua orang bahwa foto itu adalah asli )
Anda akan bertanya kembali pada saya : "apa buktinya kalau foto itu bukan hasil sotosop..?"



Sang narasumber telah memperhitungkan hal ini, bahwa kita semua pastinya akan mempertanyakan keaslian dari foto tersebut.
Software bernama  Opanda Power Exif digunakan oleh sang narasumber untuk meyakinkan kita bahwa foto tersebut bukan hasil sotosop.




















Jadi foto tersebut asli donk...? Ada UFO lagi mampir di Indonesia.... !!



Tunggu dulu ...



Dalam kasus kali ini, saya memiliki 2 penjelasan alternatif .



Disatu sisi saya menghargai laporan dari sang narasumber (UserID: 559599) yang mencoba meyakinkan kita semua dengan mengatakan bahwa objek yang tertangkap kamera tersebut adalah murni tanpa sentuhan sotosop.
Penjelasan pertama :


Tahukah anda bahwa ternyata software bernama Opanda Power Exif yang digunakan oleh sang narasumber untuk meyakinkan kita ternyata merupakan salah satu software handal yang dapat membuat foto yang telah diedit “seakan-akan” menjadi metadata asli ?






 







Power Exif adalah salah satu EXIF Editor profesional, hal itu memungkinkan untuk membuat, mengubah & menghapus EXIF tag dalam citra digital dengan mudah & bebas.



  • Mendukung semua standar EXIF 2,21 tag & tag Perluas.
  • Menambah atau mengubah informasi GPS menjadi gambar.
  • Dukungan Max 60.000 charactors merekam dalam gambar
  • Powerfull & fungsi ekspor impor.
  • Mendukung mengubah & menghapus batch.
  • Dukungan JPEG, TIFF dan file Exif klise
Software ini juga bisa digunakan untuk membuat / mengedit sebuah film.





Masih ada banyak sofware sejenis semisal Exifeditor maupun Retouchpro. Exif Reader satu dari seribu aplikasi perubah token meta data yang sanggup merubah metadata kendatipun metadata tersebut diencrypt (Protected) Adanya aplikasi tersebut kembali meragukan keotentikan setiap foto yang diambil. 
Sekali lagi saya tekankan : Metadata bukanlah satu-satunya landasan dalam ketetapan keaslian setiap foto namun yang terpenting adalah analisis segala informasi dalam setiap permasalahan yang ada menjadi motivasi yang wajib dalam mencari informasi antara foto dengan keadaan sebenarnya.


Penjelasan kedua :






Jika foto tersebut sama sekali tidak mendapat sentuhan sotosop / Opanda Power Exif (mengingat sang narasumber berkali-kali meyakinkan keaslian foto tersebut), maka saya akan mencoba memberikan teori yang satu ini :
Dalam dunia fotografi, ada fenomena yang disebut "bonus pemotretan". Fenomena ini adalah benda-benda atau hal lain yang tidak tampak saat pemotretan, tapi ada pada hasil fotonya. Bonus ini bisa berupa kilatan-kilatan cahaya, bayangan yang menutupi subyek, sampai dengan benda-benda yang dihubungkan dengan hal-hal berbau mistis.


Fenomena pertama adalah munculnya kilatan-kilatan cahaya yang tak tampak pada pemotretan seperti pada Foto diatas. Kilatan cahaya itu biasa disebut flare, dan umumnya sudah terlihat saat pemotret membidikkan kameranya. Flare terjadi karena ada cahaya yang datang dari samping dan ikut masuk ke dalam badan kamera. Fenomena seperti ini pada Foto diatas yang tidak terlihat saat pemotretan umumnya terjadi kalau menggunakan kamera yang memakai filter infra red (IR) di sensornya. Jadi, flare terjadi di filter IR-nya.

Flare bisa terlihat saat membidik apabila flare terjadi sebelum cermin refleks. Kalau flare terjadi setelah cermin refleks (yaitu persis di depan sensor), ia hanya terlihat pada fotonya saja.
Objek UFO di bawah ini juga tercipta dari efek flare pada lensa kamera.



















Objek seperti ufo tersebut tercipta akibat dari efek pantulan cahaya - cahaya.













Cahaya UFO  tersebut sebenarnya berasal dari pantulan sumber cahaya yang berada di sekitar tempat pengambilan foto tersebut.
source: http://xnews-hawkson-blogmisteri.blogspot.com/2010/06/penampakan-ufo-di-suramadu-bukan-hasil.html

0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Pojok Informasi Elektronik Copyright © 2010 yorachinfo Designed by admin of yorachinfo