Selasa, 14 September 2010

[REQUESTED] all about RUBIKS

Sejarah Rubiks Cube

Tahun 1944,  Rubik Ernő lahir di Budapest, Hungaria. Dia tumbuh menjadi seorang arsitek, perancang dan professor di universitas.
Tahun 1974,  Rubik menciptakan prototipe pertama dari kubus. Ini adalah tanggal kelahiran resmi mainan favorit di dunia.


Tahun 1975,  Rubik mematenkan 'Magic Cube' buatannya dan Produsen mainan Hungaria yaitu Politechnika memulai tugas yang sulit untuk memproduksi mainan tersebut.
Tahun 1977, 'Magic Cube' untuk pertamakali dijual di toko mainan Budapest.
Tahun 1980, Ideal Toy Corporation mulai mengekspor kubus dari Hungaria. The 'Magic Cube' kemudian  berganti nama menjadi 'Rubik's Cube'.
Tahun 1981,  Sebuah publikasi berjudul 'You Can Do The Cube' yang diproduksi oleh Patrick Bossert, seorang anak sekolah 12 tahun dari Inggris. Buku ini terjual 1,5 juta keping.
Tahun 1982,  Kejuaraan Internasional tahunan pertama Rubik diadakan di Budapest. Lebih dari 100 juta kubus kini telah terjual dan Rubik's memasuki Oxford Dictionary Inggris.
Tahun 1990,  Rubik Ernő menjadi Presiden dari Akademi Teknik Hongaria. Ia kemudian menetapkan Rubik International Foundation untuk mendukung desainer muda berbakat.
Tahun 1995,  Diamond Cutters menciptakan Internasional 'Masterpiece Cube' untuk ulang tahun ke 15 Rubik's - sebuah Rubiks Cube yang berfungsi sepenuhnya, Cube 185 karat yang terbuat dari emas murni dan bertatahkan permata berwarna.
Tahun 2005,  The Cube merayakan ulang tahun ke-25 pada tanggal 26 Juli. Rubik's Cube Spesial dan terbatas diproduksi untuk menandai kesempatan tersebut.
Tahun 2007,   Kejuaraan Dunia Rubik’s Cube diadakan di Budapest 5-7 Oktober, bertepatan dengan peringatan ke 25 tahun kompetisi. Ernő Rubik berada di sana untuk memberikan penghargaan secara pribadi.
Sekarang - Ernő Rubik sekarang menikmati masa pensiunnya, tapi Rubik's Studio terus men-desain mainan tersebut dan bekerja sama dengan desainer muda di Hongaria.

MACAM-MACAM RUBIK'S






Sebuah puzzle 3D yang diciptakan oleh Erno Rubik asal Hungaria ini
belakangan ini semakin panas di pasaran.
Tak tau apa penyebabnya namun tiba-tiba saja akhir-akhir ini
“demam rubik” semakin mengila di Indonesia.
Tak hanya para kaum muda, namun kaum tua pun
giat mengerahkan kemampuannya untuk memecahkan “kubus ajaib” ini.
1x3x3 floppy cube :

mini cube 2x2:

cube 3x3:

3x3x4 cube:

cube4x4:

cube 5x5:

cube 6x6:

cube 7x7:

rubik's world:

twist limited puzzle:

Rubik's Brain Racker:

Rubik's Tactoe:

Rubik's Magic Puzzle:

Rubik's Sudoku Puzzle:

Rubik's 360:

multicube double:

multicube triple:

multicube Quadruple:

Megaminx Twisty Puzzle :

Colored Puzzle Ball:

Pillowed Mastermorphix:

Pillowed Mastermorphix II Puzzle Cubes:

Tetraminx:

Pineapple Magic Rubik Cube Puzzle:

square 1 magic cube:

SUPER SQUARE-1 Magic Cube:

skewb Puzzle cube:

Skewb Diamond Puzzle Cubes:

Siamese Rubik's Cubes:

BONUS SOFTWARE 
Download software dan materi seputar rubiks cube
LINK: 
http://virkill.com/index.php?option=com_...&Itemid=34
offline cube timer

Offline Cube timer adalah sebuah file HTML yang berfungsi seperti stopwatch untuk cube solving. Jika anda pernah menggunakan timer pada cubetimer.com, maka anda akan menemui fungsi yang sama. Keunggulan dari offline cube timer, tentu saja andalah, anda tidak perlu terkoneksi ke internet untuk dapat menggunakannya.

Untuk fitur, bisa dibilang lengkap. Anda bisa mengatur countdown timer, jenis rubik yang digunakan, dapat mengetahui average dari 10 solving terakhir… dan sebagainya. Anda akan menyukainya.

Last Layer trainer 

Software ini ditulis oleh David Barr. Bagi kalian yang ingin melatih last layer, baik menggunakan OLL + PLL, COLL, ELL, bahkan ZBLL bisa menggunakan software ini. Dilengkapi dengan scramble khusus untuk last layer membuat kita tidak harus melalui proses dua layer pertama dulu untuk melatih kecepatan last layer kita.

Software ini sangat penting mengingat fokus dari Last layer terletak pada alogaritma yang kita kuasai untuk last layer dan kelincahan tangan serta fingertrick yang kita kuasai. Meskipun banyak yang beranggapan bahwa kunci kecepatan utama terletak pada dua layer pertama, Last layer yang lambat bisa membuat kita kehilangan detik detik yang berharga. So, last layer..is matter!

Rubiks Timer Talks

Rubik Timer Talk adalah sebuah software untuk mengukur kecepatan kita menyelesaikan sebuah rubiks puzzle. Bagi mereka yang ingin senantiasa mempercepat solving time bermain rubik, membuat log adalah penting untuk memantau perkembangan kecepatan.

Dengan Rubik Timer, kita bisa fokus pada cube yang kita mainkan tanpa harus sesekali melihat timer untuk mengetahui waktu yang telah kita habiskan, dengan mendengar waktu yang dibacakan setiap detik. Bagi yang belum terbiasa, fitur ini memang sedikit mengganggu, namun setelah dibiasakan, fitur talk ini akan sangat membantu memisahkan waktu eksekusi kita, misalnya bagi pengguna friddich bisa memisahkan antara waktu eksekusi cross, F2L, dan Last layer.

Kelebihan yang lain dari software ini adalah ukurannya yang dapat disesuaikan, waktu countdown (pre inspection) yang bisa diatur, dan kemampuannya menyimpan log dalam bentuk text dan bisa digeneralisasi ke dalam excell yang akhirnya mempermudah kita menganalisa waktu eksekusi secara keseluruhan, baik personal best atau average.

JUARA DARI INDONESIA
prestasi putra bangsa Indonesia dalam pertandingan Rubik Cube berskala Internasional pada Jakarta Open 2010 beberapa waktu lalu. Kompetisi  yang dimenangkan oleh tiga orang Indonesia ini merupakan cabang Multiple Blindfolded yang maksudnya adalah menyelesaikan beberapa rubik cube dengan mata tertutup. Ini merupakan cuplikan video kompetisi tersebut pada bagian juara dari Indonesia menyelesaikan cube terakhirnya. 




Para pemenang dari Indonesia tersebut adalah Muhammad Irill Khairul (posisi 5 Dunia dan posisi 1 se-Asia), kemudian Aldo Feandri (posisi 10 Dunia) danWicaksono Adi (posisi 11 Dunia). Dan berdasarkan World Cube Association(WCA), Indonesia mendapat predikat Asian Record #1 dan World Record #5.
Dibawah ini daftar pemenang Rubik Cube Jakarta Open 2010 per 1 Februari (s/d kompetisi tanggal 31 Januari 2010).



JUARA LAINNYA
feature photo
Depok: Gemuruh tepuk tangan membahana, Selasa (16/2) pagi, di ruang Auditorium Universitas Gunadarma, Depok, ketika Muhammad Iril Khairul Anam (19 tahun), yang akrab disapa Iril, dengan mata tertutup, mampu menyelesaikan permainan ketangkasan Rubiks Cube ( Kubus berwarna –warni) hanya dengan hitungan menit.
Sebelum memulai aksinya, Menpora Andi Mallarangeng mengacak-acak kubus itu sehinga warnanya tidak beraturan. Dengan kelincahan jari tangan Iril mengocek kubus kiri dan kanan, akhirnya kubus itu bisa kembali ke posisi semula dengan warna yang sama. Menpora yang hadir sebagai pembicara utama dalam acara Seminar dan penganugerahan Mind Sport Award, yang diadakan Universitas Gunadarma itu, menyampaikan dukungannya, karena kegiatan Mind sport ini sangat cocok dilakukan dilingkungan akademik, karena mengasah otak serta logika. Untuk itu Menpora berharap kampus juga bisa berkontribusi terhadap dunia olahraga di Indonesia. “Dengan melahirkan atlet-atlet handal dibidang mindsport ini, yang juga dikenal sebagai permainan olah otak,” tutur Andi. Ternyata Iril, saat ini, tercatat peringkat pertama dunia Rubiks Cube kategori Multiple Blindfold, yang diraihnya pada Jakarta Open Internasional tahun 2010 dengan kecepatan waktu 56 menit 54 detik dengan 16 buah Rubiks dengan mata tertutup. Selain itu, Iril juga tercatat sebagai peringkat pertama Asia dan Peringkat pertama Nasional .
Iril, yang juga mahasiswa universitas Gunadarma, mengenal permainan ini sejak tahun 2009, awalnya hanya penasaran, lalu lama kelamaan ketagihan. “Ketika kecanduan permainan ini, orangtua sempat melarang, karena belajar saya menjadi terganggu, namun setelah melihat manfaatnya, seperti, melatih otak, mengasah ingatan, dan memperkuat logika, mereka tidak melarang lagi,” jelas Iril yang berlatih setiap minggu bersama teman-temanya di LTC Glodok yang tergabung dalam Jakarta Rubik’s Club.
Rubiks diperkenalkan oleh Erno Rubiks, seorang arsitektur kelahiran Hongaria pada tahun 1974. Saat ini, Rubiks telah menyebar ke seantero dunia, termasuk Indonesia. Komunitas Rubiks Indonesia malah telah membentuk wadah dengan nama Nusantara Speed Cubing Association
tips dan trik
Rubik atau cube magic adalah permainan yang mengundang rasa penasaran, mengasah logika, dan emosi. Permainan ‘teka-teki’ ini ditemukan oleh Profesor Erno Rubik pada tahun 1974. Perlahan pada tahun 1980, demam Rubik mulai dikenal di dunia ditandai laris manisnya Rubik. Laughing
Bagi yang belum mengenali kunci permainan ini, cara menyelesaikan bisa sampai berhari-hari. Nah, ingin tahu rahasia bermain Rubik? Ada aneka cara menyelesaikan permainan Rubik. Rahasia permainan magic cube ini disampaikan Wicaksono Adi, pemegang juara dunia Rubik’s Cube Multiple Blindfolded, dalam buku Tip dan Trik Jago Main Rubrik.
Ia membuka dengan tujuh langkah cepat menyelesaikan. Sebagai pengantar, mahasiswa jurusan Teknik Industri Pertanian- Universitas Gadjah Mada ini memberikan dasar-dasar notasi gerakan memutar Rubik yang dilengkapi gambar full warna.Wink
Selain mengerjakan metode lapis demi lapis, ada pula teknik menyelesaikan dengan cara speedingcubing, F2L (first two layer), OLL (Orientation of Last Layer), hingga DLD (Blindfolded Solving). Aneka teknik tersebut disajikan dalam buku terbitan Gradien.

Bila telah mengetahui kunci rahasia permainan ini, pada level selanjutnya kecepatan permainan Anda hingga mendekati 20 detik. Ada tingkatan lebih ekstrem yaitu menyelesaikan dengan tutup mata, menggunakan tangan satu, hingga bermain dengan kedua kaki.

Penulis kelahiran Semarang ini juga menunjukkan cara memilih jenis Rubik dan aneka kompetisi lokal -internasional yang bisa memperkaya pergaulan dan semangat bermain Rubik. Sekadar catatan Wicaksono Adi baru mengenal Rubik pada bulan Mei 2009 dengan segera ia dapat menguasai metode menyelesaikan Rubik dengan tutup mata.

Perlu diketahui ada beberapa warna identitas Rubik. Umumnya, skema warna BOY (
Blue-Orange-Yellow). Di Jepang ada pula skema warna lain seperti Yellow-Orange-Blue. Sementara skema warna Indonesia pernah diusulkan oleh Wicaksono Adi dengan warna BOR ( Blue-Orange-Red).

Buku permainan 
Tip dan Trik Jago Main Rubrik mengajak pemula hingga mahir dalam aneka metode menyelesaikan permainan Rubik. Anda juga akan berjumpa dengan dasar-dasar permainan, tip menguasai algoritma, dan cara-cara menyenangkan lainnya. Selamat bermain. 

0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Pojok Informasi Elektronik Copyright © 2010 yorachinfo Designed by admin of yorachinfo